Selasa, 19 Juli 2011

jangka sorong lagi

Jangka Sorong Virtual

Keterbatasan peralatan dan bahan di Laboratorium Fisika bukan rahasia lagi merupakan  kendala bagi para guru untuk melakukan pembelajaran dengan eksperimen. Apalagi harga peralatan dan bahan sekarang ini tidak murah, dan pada daerah-daerah tertentu pemerintah daerah yang mengeluarkan kebijakan populis dengan pendidikan gratisnya melarang iuran bulanan/Komite kepada orangtua santri semakin menjauhkan kondisi dari kelengkapan peralatan praktikum.
Tetapi tidak usah kuatir, cukup dengan 1 unit komputer bisa komputer di lab. komputer, laptopnya Bapak/Ibu Guru, atau kalau memang terbatas sekali komputer tata usaha/kepala sekolah sekali-kali dipinjamkan untuk melakukan praktek fisika yang murah ! Yaitu praktek menggunakan program virtual. Praktek yang akan kita coba adalah melakukan pengukuran menggunakan Jangka Sorong sebagai berikut :
Setelah  program Macromedia Flash Player “Jangka Sorong” dibuka maka terlihat tampilan seperti pada gambar diatas kiri . Posisi Gasing belum terjepit rahang jangka sorong, klik dan seret rahang geser pada posisi menjepit gasing yang akan diukur diameternya, sehingga tampilan keseluruhan sebagai berikut.
Nampak pada gambar diatas posisi rahang geser dan rahang tetap menjepit gasing dan disudut kanan bawah terdapat kotak isian untuk menuliskan angka hasil pengukuran.
Terdapat dua skala pada jangka sorong, yaitu
  1. Skala Utama (SU) merupakan angka pada rahang tetap yang ditunjuk oleh angka nol rahang geser. Dari gambar diatas nampak bahwa skala utama SU = 1,7 cm atau 17 mm
  2. Skala Nonius (SN) merupakan angka pada rahang geser yang membentuk garis lurus dengan skala pada rahang tetap dikalikan dengan ketelitian alat. Untuk jangka sorong virtual ini sebesar 0,1 mm, sehingga SN = 8 x 0,1 mm = 0,8 mm
  3. Hasil Pengukuran (HP) = Skala Utama (SU) + Skala Nonius (SN).  HP = (17 + 0,8) mm = 17,8 mm
Hasil perhitungan diatas diketikkan pada kotak isian jawaban dan Enter untuk mengecek kebenarannya. Komputer akan merespon hasil pengukuran dengan penilaian salah dan benar !
Download program Jangka Sorong Virtual dari Gasing klik disini
Artikel terkait
  1. Jangka Sorong & Mikrometer Sekrup
  2. Soal Solusi Fisika SMA Sesuai SKL 1 Kemampuan Uji 1
  3. Soal Solusi Fisika SMA Sesuai UN  SKL 1 KU 1
  4. Kisi-kisi US  1 Fisika X
  5. Laporan Hasil Pengukuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar